Workshop Fakta Mengenai Jerman

Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Tengah yang beribukotakan Berlin. Negara ini merupakan negara dengan posisi ekonomi dan politik yang penting di Eropa maupun di tingkat dunia. Dengan luas 357.021 kilometer persegi (kira-kira dua setengah kali Pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa. Jerman terbagi menjadi 16 negara bagian, yang disebut Länder.

Berikut ini nama-nama Bundesländer (Negara-negara bagian) di Jerman dengan ibu kotanya:

  1. Baden-Württemberg –  Stuttgart
  2. BayernMünchen
  3. BerlinBerlin
  4. BrandenburgPotsdam
  5. BremenBremen
  6. HamburgHamburg
  7. HessenWiesbaden
  8. Mecklenburg-VorpommernSchwerin
  9. NiedersachsenHannover
  10. Nordrhein-WestfalenDüsseldorf
  11. Rheinland-PfalzMainz
  12. SaarlandSaarbrücken
  13. SachsenDresden
  14. Sachsen-Anhalt –   Magdeburg
  15. Schleswig-HolsteinKiel
  16. ThüringenErfurt

Jerman memiliki banyak kota besar namun hanya tiga yang memiliki lebih dari satu juta orang:

Berlin dengan 3,4 juta orang, Hamburg dengan 1,8 juta orang, dan München dengan 1,4 juta orang.Dengan demikian populasi tidak terlalu terpusat dan berorientasi ke satu kota besar saja bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Kota terbesar lainnya adalah : Köln, Frankfurt am Main, Stuttgart, Dortmund, Essen, Düsseldorf, Bremen, Duisburg dan Hannover.

Kota terbesar adalah region Rhine-Ruhr, termasuk distrik Düsseldorf-Köln.

Jerman (Barat) adalah negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa (kelak menjadi Uni Eropa pada tahun 1993). Negara ini juga menjadi anggota zona Schengen dan pengguna mata uang Euro sejak 2002. Sebagai negara penting, Jerman adalah anggota G8, G20, menduduki urutan keempat dalam Produk Domestik Bruto dan urutan kelima dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (2009), urutan kedua negara pengekspor dan urutan kedua negara pengimpor barang (2009), dan menduduki urutan kedua di dunia dalam nilai bantuan pembangunan dalam anggaran tahunannya (2008). Jerman juga dikenal sebagai negara dengan sistem jaringan pengaman sosial yang baik dan memiliki standar hidup yang sangat tinggi. Jerman dikenal sebagai negara dengan penguasaan ilmu dan teknologi maju di berbagai bidang, baik ilmu-ilmu alamiah maupun sosial dan kemanusiaan, selain sebagai negara yang banyak mencetak prestasi di bidang keolahragaan.

Select Language >>