Turki Buka Masjid Baru di Cologne Jerman

Uni Islam Turki untuk Urusan Agama (DITIB) membuka sebuah masjid baru di kota Cologne, Jerman

Peletakan batu pertama Masjid Pusat DITIB didirikan pada tahun 2009 dan menurut organisasi tersebut upacara pembukaan resmi akan diadakan dalam dua bulan ke depan.

Sebelum pembukaan, ketua DITIB Nevzat Yaşar Aşıkoğlu mengungkapkan kegembiraannya atas pembukaan masjid berkapasitas 1.200 orang tersebut.

“Kami berada dalam bulan Ramadhan, kami melakukan sholat Jumat dan kami membuka masjid kami hari ini. Hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi kami. Untuk pertama kalinya kami akan sholat di sebuah masjid yang telah dibangun selama bertahun-tahun,” kata Aşıkoğlu, memberi selamat kepada umat Muslim yang tinggal di Jerman dan Eropa atas masjid baru mereka.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 17.000 meter persegi, yang meliputi masjid, berbagai kantor, ruang pertemuan, aula pameran, museum, perpustakaan, pusat pemuda dan olah raga, wisma tamu, studio TV dan radio, aula, bazaar dan tempat parkir dengan kapasitas 150 mobil.

Serikat Urusan Agama Islam-Turki yang berbasis di Cologne, biasanya disebut sebagai DİTİB, adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Jerman. DITIB didirikan pada tahun 1984 sebagai cabang Kepresidenan Turki (DİB, lebih dikenal dengan Diyanet).

Selain pendanaan DITIB, pinjaman bank, dan sumbangan dari 884 asosiasi Muslim, dana pembangunan masjid ini juga dibantu oleh gereja. Gereja Katolik Theodore Cologne sebelumnya memutuskan untuk menggalang dana untuk pembangunan masjid tersebut. Arsitek masjid adalah Paul Böhm, seorang arsitek spesialis dalam pembangunan gereja.

Quelle : http://citizen6.liputan6.com/read/2992348/keunikan-cologne-central-mosque-masjid-termegah-di-eropa