Tips Belajar Bahasa Jerman

Mempelajari satu bahasa yang baru bisa makan waktu lama dan kadang membuat frustasi. Berikut beberapa petunjuk praktis yang dapat memudahkan Anda dalam belajar Bahasa Jerman.

 

Namai Barang di Rumah Anda

Satu cara mudah untuk belajar sepanjang hari. Ambil secarik kertas, tulis nama barang-barang dalam Bahasa Jerman, dan tempelkan di barang tersebut. Jangan lupa untuk menuliskan artikel (der, die, das) dan juga bentuk jamaknya.

Bicara Lantang

Berbicara bahasa yang baru memang sulit karena pada awalnya biasanya terbentur dengan pengetahuan bahasa tersebut. Namun berlatih berbicara harus dimulai sejak dini. Jika Anda tidak punya kenalan orang Jerman, Anda bisa berlatih sendiri, misalnya di depan cermin.

Baca Buku Cerita Anak dan Komik

Buku dan komik anak-anak ditulis dengan gaya yang sederhana dan dilengkapi dengan gambar. Itulah mengapa buku-buku tersebut sangat bermanfaat bagi mereka yang baru memulai belajar Bahasa Jerman.

 

Daftar Belanja dalam B ahasa Jerman

Sangatlah penting untuk mempelajari kosakata Jerman yang berguna dalam keseharian. Cobalah untuk menulis daftar belanja dan catatan lainnya dalam Bahasa Jerman. Mungkin pada awalnya perlu waktu, namun dengan cara ini Anda akan belajar banyak.

Jangan Tunggu sampai Sempurna

Yang paling penting adalah bahwa orang lain dapat memahami perkataan Anda. Ini tidak berarti bahwa setiap kalimat harus sempurna. Jadi jangan merasa takut untuk berbicara dalam Bahasa Jerman sesering dan sedini mungkin, walau merasa tatabahasa Anda masih kurang.

Dengarkan Radio Jerman

Biasanya sangat sulit bagi pemula untuk mengerti misalnya apa yang didengar dari radio. Tapi jika sering mendengarkan percakapan, baik langsung maupun di radio, Anda dapat mengembangkan kedekatan rasa terhadap Bahasa Jerman. Banyak program radio Jerman yang kini bisa disimak secara online dari Indonesia.

Cari Mitra Tandem

Satu kesempatan yang sangat bagus, jika Anda mengenal penutur asli Bahasa Jerman. Cobalah untuk mencari dan bertemu orang Jerman yang ingin belajar Bahasa Indonesia. Jika Anda berhasil mendapatkan “pasangan tandem”, ini akan membantu Anda tidak saja untuk belajar kosa kata dan ekpresi, tapi juga untuk mempelajari irama bahasa.

 

Memasak dengan Bahasa Jerman

Memasak merupakan salah satu bagian terpenting dalam keseharian. Cara terbaik untuk mempelajari berbagai nama makanan serta bahan-bahannya adalah dengan memasak sendiri. Bukan berarti Anda harus memasak makanan Jerman. Tapi yang penting, apapun makanannya, resepnya ditulis dalam Bahasa Jerman.

 

Baca Buku yang Anda Kenal dalam B. Jerman

Anda pasti tahu di luar kepala cerita dari buku yang menjadi favorit Anda. Carilah, mungkin buku favorit Anda ini juga terbit dalam Bahasa Jerman. Ini satu keuntungan besar karena Anda tahu jalan cerita buku tersebut, sehingga Anda hanya harus membacanya dan berkonsentrasi pada bahasa.

 

Dengarkan Lagu Jerman dan Pelajari Liriknya

Belajar Bahasa Jerman lewat lagu dianggap satu cara paling efektif. Carilah lagu-lagu Jerman, misalnya di Youtube, dan pilih yang Anda sukai. Dengarkan dan coba tulis lirik lagu tersebut

 

 

sumber :http://www.dw.com/id

Select Language >>