Smart Cities di Jerman

Kalian mungkin pernah dengar yang namanya “Smart City”. Sebenarnya, smart city itu apa sih?

Smart City adalah konsep perkotaan yang menggunakan berbagai tipe alat elektronik untuk mengkoleksi data dan informasi, untuk kemudian di-manage secara efisien dan efektif. Contohnya, manajemen Smart City mengumpulkan informasi terkait lalu lintas, sekolah, perpustakaan dan lainnya di sebuah kota melalui berbagai perangkat seperti sensor, CCTV, internet dan informasi-informasi ini akan diproses agar semuanya dapat berjalan dengan lebih efisien.

Beberapa negara maju di dunia sudah mulai mengembangkan dan menjalankan sistem Smart City ini, salah satunya adalah Jerman. Ada berapa banyak sih smart cities di Jerman? Berikut adalah beberapa contohnya:

  1. Berlin

Berlin adalah smartest city di negara yang terletak di jantung Eropa ini.

Duduk di ranking 13 dengan kombinasi score 7.39, Berlin berada di belakang Copenhagen yang memiliki score 8.24.

Berlin dinilai tinggi karena kota ini memiliki fasilitas car sharing yang sangat baik, berada di posisi ketiga di dunia setelah Vancouver dan Washington.

Tapi Berlin masih memiliki nilai merah di bidang perlindungan lingkungan, dengan score 3.34 dari 10. Ketersediaan 4G LTE mobile internet di Berlin juga dinilai buruk — bahkan terburuk dibanding dengan kecepatan internet di kota-kota Jerman lainnya.

 

  1. Hamburg

Kota pelabuhan ini berada di bawah Berlin, dengan score keseluruhan 7.36. Hamburg memiliki nilai rata-rata yang baik di semua kategori, kecuali perlindungan lingkungan.

Karena score perlindungan lingkungan menggunakan rekaman output CO2 PBB sebagai basis penilaian, kota-kota besar di Jerman mendapatkan score yang kurang baik.

 

  1. München

Ibukota negara bagian Bayern ini mungkin frustrasi karena dianggap kurang “smart” dibanding rivalnya yaitu Berlin dan Hamburg. Studi menempatkan München sebagai smart city ke-25 di dunia.

München mendapatkan score yang sangat baik di bidang pendidikan, dan merupakan kota non-USA terbaik di bidang tersebut di dunia. Di bidang car sharing, München juga hebat — berita bagus untuk BMW yang berbasis di München, yang memiliki platform car sharing bernama Drive Now.

Kelemahan terbesar München adalah digitalization. Dengan score 2.80 untuk ketersediaan koneksi internet 4G dan kecepatan rata-rata internet yang lambat.

 

  1. Düsseldorf

Ibukota negara bagian Nordrhein Westfalen (NRW) ini mendapatkan ranking di bawah München, di posisi 26 dengan score rata-rata 6.98. Düsseldorf mendapatkan nilai yang baik di bidang sustainability, tapi banyak tertinggal di bidang teknologi.

Di bidang digitalisasi pemerintahan, Düsseldorf mendapatkan nilai yang sangat buruk: 2.3 dari 10. Ekosistem bisnisnya juga kurang bagus untuk perkembangan startup.

 

  1. Bayreuth

Kota kecil di negara bagian Bayern ini mendapatkan nilai yang amat buruk di bidang car sharing, yaitu 2.82. Tetapi, Bayreuth ‘menebus’ kekurangannya itu dengan memiliki ‘smart traffic’ yang sangat baik dengan score 9.74. Penilaian ini berdasarkan studi kemacetan di perkotaan.

Bayreuth yang memiliki penduduk 72.000 jiwa ini duduk di posisi ke-29.

Select Language >>