Selamat Hari Pahlawan 10 November 2017

 

“Darahmu tumpah di Tanah Pusaka, jiwamu mengawal tegaknya Indonesia, Engkau Pahlawanku, engkau kusuma negaraku! Selamat Hari Pahlawan 10 November 2017”

 

 

 ketika melewati waktu yang cukup lama dari masa penjajahan kita dulu, segudang cara hal terikat dan kritis dalam menjalin tujuan yang sama, demi menghasilkan kemerdekaan tak luput terlupakan orang-orang yang di dalamnya. Indonesia dengan segudang SDM (sumber daya manusia) yang melimpah dengan masyarakat yang bersifat majemuk saling berusaha untuk menciptakan keintergrasian di suatu wilayanya tempat ia berpijak. Kawan sudah kah kita ingat mengapa kita disini? Masih kah kita ingat siapa yang memperjuangkan kita?, Siapa yang memerdekakan kita sehingga lepas dalam masa penjajahan?, Ya jangan kita lupakan mereka, kita hargai pengorbanan nya, pengorbanan sosok pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, seperti kata Bung Karno “Negara yang besar adalah yang tidak melupakan Jas Merah (jangan sekali-kali melupakan sejarah)”. Kita harus sadari pula bahwa kemerdekaan Indonesia bukan hadiah dari kelompok atau negara lain melainkan hasil jerih payah perjuangan para pahlawan.
   Pahlawan adalah satu bentuk perjuangan yang memiliki tugas untuk mempertahankan Ibu Pertiwi kita atau Negara Kesatuan Republik Indonesia kita dari penjajahan orang asing. Bisa diartikan juga bahwa pahlawan adalah orang-orang yang memiliki kesadaran perjuangan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk hak Kemerdekaan.
   10 November sebagai bentuk untuk mengenang dan memperingati perjuangan-perjuangan para pahlawan. Sangat disayangkan jika perayaan tersebut semakin melemah setiap tahunnya, kurangnya penghayatan generasi muda menanggapi hari pahlawan. Hari pahlawan bukan hanya sebagai ajang untuk sekedar bentuk unsur upacara belaka, dan bukan sebagai selogan yang bisa langsung di buang seperti sampah sehingga melupakan penghayatan nilai-nilai yang harusnya di implementasikan di kehidupan sehari-hari. Sebagai generasi muda kita harus mampu memaknai peringatan tersebut dengan makna yang baru dan mengimplentasikan di kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan zaman yang kita lalui. Di era sekarang ini bangsa Indonesia menginginkan dan merindukan munculnya banyak pahlawan dalam segala bidang.
   Bangsa kita membutuhkan pahlawan-pahlawan baru, untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang terintegrasi, adil, dan menanamkan makna-makna Pancasila yang menjunjung tinggi suatu bentuk Demokratis. Hari pahlawan menyadarkan kita untuk mengintropeksi nasib bangsa kita, mengetuk hati kita untuk berfikir tentang makna hidup yang kita jalani saat ini. Hidup bukan hanya lah sejengkal di atas perut , penanaman pola pikir yang harus diubah mengganggap uang adalah Tuhan pemikiran yang fatal terjadi, membuktikan diri kita masih terjajah oleh nafsu materil. Oknum-oknum merajalela, mengenakan kasus Ahok. Sebagian masyarakat beranggapan Indonesia jauh dari kata-kata terintegrasii. Negara Indonesia adalah Negara Hukum. Dan kita wajib prihatin terhadap lemahnya mental bangsa kita yang dimana masih terlihat pengimplementasi sistem sosial dalam pribadi individu masih kurang sadar.
     Seorang pahlawan adalah manusia yang bersifat jujur, rela berkorban untuk kepentingan masyarakat. Kita harus berjuang untuk menjadi seorang pahlawan. Hari pahlawan bukan hanya dirasakan pada 10 November saja, tetapi berlangsung tiap harinya dalam kehidupan kita. Tiap harinya kita selalu berjuang untuk menjadi pahlawan pada diri kita sendiri, keluarga serta lingkungan kita. Dengan meningkatkan prestasi dan mutu diri dapat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat dan diri sendiri, dalam kata lain apakah diri kita mau di jajah oleh orang lain? Jawabannya tentu tidak, itulah guna meningkatkan mutu dalam diri.
    Oleh sebab itu, peringatan hari pahlawan baiknya dijadikan suatu momen untuk kita mengintropeksi diri dan bangsa ini dan sebagai momen bentuk rasa hormat kita mengenang dan bangga atas jasa-jasa para pahlawan bangsa ini yang amat banyak sehingga tak terhitung jumlahnya yang telah berkorban untuk bangsa ini sehingga saat ini kita dapat merasakan nikmat yang jauh lebih indah sebelum yang dirasakan pahlawan terdahulu.
sumber : http://kumpulanartikelmahasiswasosiogi.blogspot.co.id – studijerman.com