Progress Prima | www.StudiJerman.com

Tantangan dunia global menunjukkan bahwa batas-batas teritorial antar negara kian terbuka, menghadapi persaingan yang semakin tinggi di dunia kerja nasional dan internasional, melanjutkan studi keluar negeri menjadi alternatif bagi siswa-siswi Indonesia untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Secara tradisi, Jerman, Austria, Swiss telah menjadi barometer perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia di negara-negara tersebut telah lahir ilmuwan dan sejarawan, yang melalui pemikiran mereka telah mempengaruhi peradaban dunia. Hal ini didukung pula dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar internasional yang berakar dari Jerman, Austria dan Swiss. Dengan demikian telah terbukti betapa tingginya sistem dan kualitas pendidikan yang mereka miliki.

Dari segi kesenian dan filosofi, Jerman, Austria dan Swiss mempunyai tokoh-tokoh kaliber dunia, diantaranya Gerhard Richter, Johan Wolfgang von Goethe, Günter Grass, Karl Marx, Ludwig van Beethoven, Mozart, dan lain-lain. Dengan demikian disamping terkenal sebagai negara yang menghasilkan cikal bakal teknologi tinggi, Jerman, Austria juga sangat dikenal sebagai negara budaya, negara para pujangga dan pemikir.

Faktor-faktor alam telah membentuk struktur budaya, karakter dan etos kerja Eropa yang sangat khas. Unsur-unsur positif dari budaya mereka seperti jujur, tepat waktu, disiplin, respek dan terencana merupakan bahan-bahan pembelajaran berharga bagi generasi muda penerus bangsa. Faktor lain yang dapat mendorong untuk studi di luar negeri adalah biaya pendidikan. Saat ini dan ke depan, biaya pendidikan di dalam negeri makin meningkat dan mahal  bahkan bisa menjadi lebih mahal dibanding biaya pendidikan di luar negeri khususnya di Jerman, Austria, Swiss.

Hambatan utama bagi para calon mahasiswa yang akan belajar di Jerman, Austria dan Swiss adalah persiapan yang kurang secara akademik, birokrasi, bahasa dan mental budaya. Kondisi ini membutuhkan lembaga yang kompeten, dalam memberikan bukan hanya informasi melainkan pembekalan lengkap dan menyeluruh.

Dari segi seni dan budaya, diplomasi kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah salah satu unggulan untuk dapat berkiprah di dunia internasional. Upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini masih bersifat mozaik yang terpisah. Untuk masa depan, mozaik-mozaik kebudayaan Indonesia yang akan digunakan untuk diplomasi kebudayaan dapat dirancang dalam bentuk yang lebih terarah dan jelas sehingga keberhasilannya akan lebih dapat dilihat secara utuh.

Pengalaman langsung dari 3 (tiga) pendiri Progress Prima Indonesia dan dukungan penuh rekan-rekan yang telah mengabdi puluhan tahun untuk perkembangan pendidikan Indonesia, telah menghasilkan solusi berupa Pusat Pelatihan yang mampu menjembatani perbedaaan kontras antara perspektif budaya dan kondisi nyata masyarakat di Indonesia dengan masyarakat di negara berbasis bahasa Jerman.

Pusat Pelatihan itu yang dalam bahasa Jerman disebut Trainingszentrum bergerak secara professional dan resmi dengan titik berat kepada: Program Pra-Bachelor. Pra-Master, dan Pelatihan Sumber Daya Manusia. Trainingszentrum ini disempurnakan dengan adanya Sekolah Bahasa khusus persiapan studi dan riset, Program Pertukaran Budaya dan Homestay, serta Pameran Pendidikan di Indonesia, Jerman, Austria dan Swiss.

2 Responses to “Progress Prima | www.StudiJerman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reload Image
Enter Code*:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>