Profil

LATAR BELAKANG


Tantangan dunia global menunjukkan bahwa batas-batas teritorial antar negara kian terbuka, menghadapi persaingan yang semakin tinggi di dunia kerja nasional dan internasional, melanjutkan studi keluar negeri menjadi alternatif bagi siswa-siswi Indonesia untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik.

Secara tradisi, Jerman, Austria, Swiss telah menjadi barometer perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia di negara-negara tersebut telah lahir ilmuwan dan sejarawan, yang melalui pemikiran mereka telah mempengaruhi peradaban dunia. Hal ini didukung pula dengan banyaknya perusahaan-perusahaan besar internasional yang berakar dari Jerman, Austria dan Swiss. Dengan demikian telah terbukti betapa tingginya sistem dan kualitas pendidikan yang mereka miliki.

Dari segi kesenian dan filosofi, Jerman, Austria dan Swiss mempunyai tokoh-tokoh kaliber dunia, diantaranya Gerhard Richter, Johan Wolfgang von Goethe, Günter Grass, Karl Marx, Ludwig van Beethoven, Mozart, dan lain-lain. Dengan demikian disamping terkenal sebagai negara yang menghasilkan cikal bakal teknologi tinggi, Jerman, Austria juga sangat dikenal sebagai negara budaya, negara para pujangga dan pemikir.

Faktor-faktor alam telah membentuk struktur budaya, karakter dan etos kerja Eropa yang sangat khas. Unsur-unsur positif dari budaya mereka seperti jujur, tepat waktu, disiplin, respek dan terencana merupakan bahan-bahan pembelajaran berharga bagi generasi muda penerus bangsa. Faktor lain yang dapat mendorong untuk studi di luar negeri adalah biaya pendidikan. Saat ini dan ke depan, biaya pendidikan di dalam negeri makin meningkat dan mahal  bahkan bisa menjadi lebih mahal dibanding biaya pendidikan di luar negeri khususnya di Jerman, Austria, Swiss.

Hambatan utama bagi para calon mahasiswa yang akan belajar di Jerman, Austria dan Swiss adalah persiapan yang kurang secara akademik, birokrasi, bahasa dan mental budaya. Kondisi ini membutuhkan lembaga yang kompeten, dalam memberikan bukan hanya informasi melainkan pembekalan lengkap dan menyeluruh.

Dari segi seni dan budaya, diplomasi kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah salah satu unggulan untuk dapat berkiprah di dunia internasional. Upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini masih bersifat mozaik yang terpisah. Untuk masa depan, mozaik-mozaik kebudayaan Indonesia yang akan digunakan untuk diplomasi kebudayaan dapat dirancang dalam bentuk yang lebih terarah dan jelas sehingga keberhasilannya akan lebih dapat dilihat secara utuh.

Pengalaman langsung dari 3 (tiga) pendiri Progress Prima Indonesia dan dukungan penuh rekan-rekan yang telah mengabdi puluhan tahun untuk perkembangan pendidikan Indonesia, telah menghasilkan solusi berupa Pusat Pelatihan yang mampu menjembatani perbedaaan kontras antara perspektif budaya dan kondisi nyata masyarakat di Indonesia dengan masyarakat di negara berbasis bahasa Jerman.

Pusat Pelatihan itu yang dalam bahasa Jerman disebut Trainingszentrum bergerak secara professional dan resmi dengan titik berat kepada: Program Pra-Bachelor. Pra-Master, dan Pelatihan Sumber Daya Manusia. Trainingszentrum ini disempurnakan dengan adanya Sekolah Bahasa khusus persiapan studi dan riset, Program Pertukaran Budaya dan Homestay, serta Pameran Pendidikan di Indonesia, Jerman, Austria dan Swiss.

SEKILAS SEJARAH

2005

Progress Prima Indonesia tidak lahir di tanah air. Proses penggodokan dan pengalaman justru berlangsung di tanah rantau. Cikal bakalnya adalah sebuah organisasi privat kemahasiswaan yang bernama Chalista Sintesa e.V yang bergerak di bidang pendidikan dan kebudayaan sejak tahun 2004 di Berlin, Jerman. Organisasi ini memiliki pengalaman mendalam mengenai bidang pendidikan dan kebudayaan di Jerman dan Austria.

Progress Prima Indonesia telah menjadi pelopor Pusat Pelatihan yang mampu menjembatani perbedaaan kontras antara perspektif budaya dan kondisi nyata masyarakat di Indonesia dengan masyarakat di negara berbasis bahasa Jerman.sejak tahun 2004. Progress Prima Indonesia kala itu telah menjadi konsultan atau partner dari para agen pendidikan di Indonesia yang membantu pengiriman lebih dari 200 calon mahasiswa yang saat ini belajar di Jerman.

2006

Karena itulah, Progress Prima Indonesia  disahkan di Jakarta, pada tanggal 18 Oktober 2006 dengan NPWP: 02.546.064.3-011.000, bukan sebagai jawaban atas aji mumpung maraknya lembaga konsultasi pendidikan dan trend sekolah ke luar negeri yang kian menjamur di Indonesia, melainkan sebagai fondasi kuat, yang menunjukkan bahwa komitmen, profesionalitas, dan kualitas badan usaha ini sungguh eksis.

Untuk mendukung Trainingszentrum, Sekolah Bahasa khusus persiapan studi dan riset, Program Pertukaran Budaya dan Homestay, serta Pameran Pendidikan di Indonesia, Jerman, Austria dan Swiss, Progress Prima Indonesia telah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan perguruan-perguruan tinggi di Jerman dan Austria, serta telah memperoleh dukungan langsung dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Jerman dan pihak Departemen Pendidikan Nasional khususnya Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.

Pada tanggal 5 Mei 2007 Progress Prima Indonesia juga telah memprakarsai berdirinya Forum Komunikasi Orang Tua Pelajar Indonesia di Jerman (FKOPIJ) yang akan menjadi payung, pelindung sekaligus pemantau dalam menjalani komitmen dan idealisme lembaga.

2008

Di bidang pendidikan, penelitian, studi banding, dan pengembangan, Progress Prima Indonesia terus berupaya meningkatkan jejaringnya dengan institusi-institusi yang memiliki kesamaan visi. Selain berkolaborasi dengan Pusat Studi Jerman (PUSMAN) Universitas Gadjah Mada, Progress Prima Indonesia juga membangun kerjasama dengan  Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta (FBS-UNJ).

Eksistensi Progress Prima Indonesia di Eropa semakin kukuh melalui pendirian kantor perwakilan di Schillerstr. 7, Berlin, Jerman dan penandatanganan perjanjian kerjasama resmi dengan ENOTAX GmbH, yang pendiriannya disahkan oleh Pengadilan Negeri (Amtsgericht) Charlottenburg, Berlin, Jerman dengan nomor akte: HRB 92697 B.

Sebagai perwujudan nyata kepercayaan Perguruan Tinggi Jerman dan Salah satu Sekolah Bahasa terbesar dan tertua di Jerman kepada Progress, diakhir tahun 2008 diadakan dua (2) event besar:

- Penyelenggaraan Ujian Saringan Masuk Studienkolleg ( Pra-Universitas) langsung di Indonesia bersama Studienkolleg Bochum-NRW ( membawahi 12 Universitas& FH) dan Studienkolleg Berlin ( membawahi 17 Universitas& FH)

- Penyelenggaraan Ujian B1.Pruefung langsung di Indonesia bersama Hartnackschule Berlin.

VISI DAN MISI

Visi

Orientasi profit dan non-profit:

KONSTRIBUSI TERBAIK, TERPERCAYA DAN DAPAT DIANDALKAN BAGI SELURUH PARTNERNYA DI INDONESIA, JERMAN, AUSTRIA DAN SWISS DALAM PENINGKATAN KUALITAS GENERASI MUDA INDONESIA YANG INTERNASIONAL DAN KOMPETITIF DI BIDANG PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

 

Misi

  • Partner terpercaya bagi Pemerintah Indonesia dan kalangan professional sebagai duta Indonesia yang berdaya pikat bagi warga mancanegara dalam usaha pelestarian warisan kekayaaan budaya bangsa Indonesia.
  • Pusat Pelatihan (Trainingszentrum) terbaik di bidang Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjembatani  Indonesia, Jerman, Austria dan  pengembangannya hingga Swiss.
  • Pusat Pembinaan Kebahasaan terbaik di Indonesia untuk tujuan studi dan riset
  • Partner terpercaya bagi Pemerintah Indonesia demi peningkatan kualitas pendidikan Indonesia

 

Nilai Dasar

  • Reliability (Keandalan)

Perusahaan dihimpun oleh pribadi pribadi yang layak dipercaya sehingga mampu mencerminkan wajah perusahaan yang kuat dan dapat diandalkan.

  • Empathy (Empati)

Perusahaan dihimpun oleh pribadi pribadi yang memiliki kemampuan untuk memahami sudut pandang customer sekaligus dapat bertindak dengan menempatkan dirinya dalam posisi tersebut.

  • Tangibility (Ujud Nyata)

Karakter Perusahaan dan individu individu di dalammya tercermin secara nyata dalam ujud fisik  yang memberikan pengalaman kenyamanan dan pelayanan terbaik bagi customer.

  • Assurance (Kepastian)

Perusahaan mampu memberikan sebuah jaminan dan rasa aman bahwa segala bentuk aktivitas kerjasama memiliki dan berjalan dengan kualitasnya yang  terbaik.

  • Responsiveness (Kecepat-tanggapan)

Perusahaan terdiri atas pribadi pribadi yang memiliki kecepatan merespon segala bentuk perubahan dalam lingkup mikro hingga makro, dalam lingkup internal maupun eksternal, sehingga memberikan solusi bermutu demi kepuasan customer.


RUANG LINGKUP

4.1. Pertukaran Budaya dan Homestay

( Kulturaustausch und Gastfamilien-Programm )

Bagi Indonesia diplomasi budaya merupakan metode terbaik untuk mencapai pendekatan hubungan baik dengan negara negara di dunia. Tidak ada cara yang lebih efektif untuk meraih keterbukaan itu, selain mempelajari sebuah bahasa dan budaya dengan melakukan kunjungan, meski singkat, langsung ke negara tujuan.

Pembelajaran ini diterjemahkan ke dalam dua program besar yaitu Pertukaran Budaya dan Homestay.

Peserta dapat memutuskan  untuk mengikuti acara budaya, kursus bahasa, tinggal dengan keluarga penutur asli bahasa tersebut atau menjalani langsung aktifitas sehari-hari di negara tujuan, hingga peserta memperoleh langsung pengalaman bahasa dan budaya setempat.

Program Pertukaran Budaya dan Homestay:

4.1.1.    Homestay Program

4.1.2.    Kunjungan Orangtua

4.1.3     Misi  Kebudayaan

4.2. Trainingszentrum:

Secara profesional Progress memfasilitasi setiap calon mahasiswa, pegawai maupun para profesional di segala lembaga negara dan swasta dalam bentuk kursus, workshop, seminar, hingga kerja praktek, yang melibatkan kerjasama resmi antara pihak pemerintah dan swasta dari Indonesia dan negara sahabat yaitu Jerman dan Austria.

Program program dalam Trainingszentrum meliputi pelatihan menyeluruh mencakup bidang akademik, birokrasi dan mental budaya yang memberi fondasi kuat sehingga siapapun mempunyai bekal dasar dalam menghadapi tantangan studi dan persinggahan selama di Jerman.

Layanan lengkap diberikan karena Progress memiliki pengalaman langsung, dedikasi dan pemahaman akan kondisi-kondisi di Indonesia, Jerman dan Austria.

4.2.1.    Pendidikan Formal

4.2.1.1.  Pra-Bachelor

4.2.1.2.  Pra-Master

4.2.2.    Pendidikan Non Formal

4.2.2.1   Kerja Praktek

4.2.2.2   Pelatihan SDM

4.3. Sekolah Bahasa: Jerman dan Indonesia

( Progresschule : Deutsch und Indonesisch )

Bekerjasama dengan sekolah bahasa terkemuka di Jerman Hartnackschule Berlin dan Universitas Negeri Jakarta,, Progresschule menciptakan metode pengajarana Kind an der Uni, dirancang khusus untuk persiapan studi dan riset di Jerman, seperti presentasi, diskusi kelompok, kuis dan seminar, pengayaan ujian saringan masuk termasuk persiapan Mata Pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, Kimia dan Ekonomi dalam bahasa Jermaan.

Sekolah bahasa Indonesia yang terintegrasi dengan sit in Class bagi penutur asing. Para siswa juga akan mendapatkan orientasi budaya melalui berbagai workshop, pelatihan dan metode-metode interaktif yang terintegrasi dengan Trainingszentrum demi kualitas pengajaran yang baik. Program Sekolah Bahasa saat ini meliputi:

4.3.1.    Superintensif Plus.

4.3.2.    Superintensif

4.3.3     Semi Privat Ekstensif

4.3.4     Kelas Percakapan

4.3.5     Kelas khusus persiapan Ujian Pra-Universitas (Aufnahmeprüfung)

4.4. Progress on line transfer (Dalam Perencanaan)

Jasa pengiriman uang atau penerimaan kiriman uang secara cepat ( real time on line) yang dilakukan lintas negara Indonesia – Jerman, Jerman – Indonesia.

Benefit

  • Cepat, dalam hitungan menit, sudah dapat diambil atau ditransfer kepada Penerima.
  • Aman dan terjamin, dengan kantor perwakilan resmi Progress di Jerman menjamin keamanan proses pengiriman atau penerimaan uang.
  • Biaya transfer yang sangat kompetitif dibanding Jasa pengiriman sejenis
  • Nilai tukar kurs yang sangat kompetitif dibanding Jasa pengiriman sejenis
  • Pengirim/Penerima tidak harus memiliki rekening di bank atau tidak harus berdomisili tetap di negara pengirim atau di negara tujuan transfer
  • Pengiriman uang wajib dilengkapi dengan pengaman yaitu test question

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Reload Image
Enter Code*:

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>