ARTIKEL

Mencari Makanan Halal di Jerman

Bagi Muslim, berwisata ke Eropa, seperti Jerman, memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah makanan halal. Maklum saja, mayoritas masyarakat di sana adalah non-Muslim. Tentu saja tradisi di sana belum tentu ramah Muslim.

Namun, seiring dengan pariwisata halal yang berkembang pesat, sejumlah negara di Eropa kini menyediakan fasilitas yang memudahkan dan menguntungkan umat Islam.

Restoran halal salah satunya. Menu yang disajikan beragam dan menggugah selera. Biasanya bercita rasa Turki dan Timur Tengah. Rasanya menggugah selera. Berikut ini adalah beberapa rumah makan yang menjadi rujukan wisatawan Muslim saat mengunjungi negeri der Panzer.

Yarok, Berlin

Restoran ini terletak di Torstrabe 195, 10115 Berlin. Mereka menyambut para tamu untuk makan siang pada pukul 12.00 dan santap malam hingga pukul 22.00 waktu setempat. Yarok adalah bahasa Ibrani yang berarti hijau. Restoran ini menyajikan hidangan khas Suriah.

Menu dimasak setelah pengunjung memesannya terlebih dahulu. Pengunjung dapat menghirup aroma masakan yang baru matang. Harga aneka sajian di sini terjangkau, mulai Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Menu andalan lainnya adalah falafel, patty dengan buncis yang garing di luar, tapi lembut di dalam.

Koz Urfa, Hamburg

Terletak persis di sebelah Stasiun Altona, Hamburg, tepatnya Paul-Nevermann-Platz 2-4, 22765. Koz Urfa selalu sibuk melayani penduduk lokal dan turis, sehingga harus bersabar mengantre jika memilih restoran ini. Mereka buka dari pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Menu favorit yang disajikan adalah khas Turki dengan layanan cepat saji. Mereka menyediakan kebab, daging domba, hingga steak. Menu yang paling menarik adalah Adana Kebab, yang merupakan daging cincang pada tusuk satai yang disajikan dengan tomat panggang dan cabai, nasi, sayuran, dan yogurt.

3h’s Burger & Chicken di Cologne

Makanan ringan dapat ditemukan di restoran ini selama di Cologne. Restoran ini terletak di Koblenzer Str 1-9, 50968 Cologne, Jerman Sesuai dengan namanya, yang merupakan singkatan dari halal, (handmade) buatan tangan, dan (homemade) buatan sendiri, burger ini bangga dengan produk mereka, dari roti hingga sosis.

Di sini, pengunjung akan menemukan pilihan burger ayam dan daging sapi dengan kentang goreng. Ada juga burger vegetarian dan beragam lauk pauk untuk dipilih. Setiap menu dapat dibeli dengan harga dibawha 10 euro atau sekitar Rp 167 ribu.