JERMAN SEBAGAI BAHASA ASING DI DUNIA.

Pembinaan bahasa Jerman sebagai bahasa asing (Deutsch als Fremdsprache/DaF) di luar negeri merupakan salah satu tugas penting politik kebudayaan dan pendidikan luar negeri Jerman. Tugas tersebut berkontribusi besar terhadap tema-tema masa depan yang turut membentuk masyarakat seperti internasionalisasi Jerman sebagai lokasi pendidikan tinggi, inovasi, dan pelatihan, serta upaya penyediaan tenaga ahli. Pembelajaran bahasa Jerman di luar negeri membuka jendela menuju Jerman dan sekaligus memperkenalkan nilai-nilai sosial.

Sejumlah organisasi mitra dan perantara yang, di bawah koordinasi Kementerian Luar Negeri, tergabung dalam Jejaring Bahasa Jerman telah mengembangkan aneka instrumen pembinaan bahasa Jerman sebagai bahasa asing di luar negeri. Upaya ini mengutamakan sektor sekolah, mengingat seperti sediakala mayoritas pembelajar bahasa Jerman adalah kaum pelajar (87%). Oleh karena itu, tujuan pokok upaya pembinaan bahasa adalah membangkitkan dan memupuk kesadaran negara-negara tuan rumah akan pentingnya kehadiran  bahasa Jerman sebagai bahasa asing dan multilingualisme dalam sistem pendidikan masing-masing .

Pelajaran bahasa Jerman yang modern dan menarik merupakan motivasi penting bagi kaum pelajar untuk memilih bahasa Jerman. Terkait dengan hal itu, pembinaan bahasa Jerman sebagai bahasa asing memberikan perhatian khusus kepada pendidikan dan pelatihan guru. Organisasi guru bahasa Jerman di masing-masing negara pun menjadi multiplikator penting. Selain itu, organisasi mitra dan perantara berperan sebagai konsultan bagi instansi pendidikan nasional, misalnya saja dalam pengembangan kurikulum/silabus. Kemitraan antarsekolah serta program pertukaran siswa dan akademisi merupakan elemen penting lain dalam pembinaan bahasa Jerman sebagai bahasa asing. Dengan cara ini kaum remaja, orang dewasa muda, dan kelompok sasaran lain di seluruh dunia bisa menjalin interaksi langsung yang memupuk nilai-nilai bersama serta pemahaman timbal balik untuk jangka panjang.

Di samping itu, berbagai kampanye iklan dan informasi mempromosikan bahasa Jerman kepada khalayak ramai dan membangkitkan minat kepada Jerman, antara lain dengan “Deutschmobil” dan dalam rangka tahun bahasa dwinasional.