Hari-hari Besar Unik

Hari-hari besar biasanya mengingatkan kita pada hal-hal yang penting, namun juga pada hal unik. Contohnya: berbicara seperti bajak laut, mematikan lampu atau minum bir.

 

20 Januari: Hari Celana Joging

Memperingati hari celana joging internasional? Apa tidak ada yang lebih penting untuk diperingati? Tapi, dengan memperingati hari ini, kita tetap bisa memperoleh sesuatu dari ide yang digagas oleh para pemuda asal Graz, Austria: yakni secara sadar merasakan dan menghormati rasa nyaman.

 

21 Februari: Hari Pemandu Wisata Sedunia

Persatuan pemandu wisata dunia WFTGA memprakarsai sebuah hari untuk menghormati pekerjaan para pemandu wisata kota dan musium. Aksi ini juga dilakukan untuk mempromosikan pekerjaan di bidang ini. Di hari ini ditawarkan wisata keliling gratis. Di tahun 2014 aksi ini akan dilakukan dengan motto “Api dan Kobaran Api“ dan di München ada perjalanan wisata seputar tema api olimpiade.

 

29 Maret: Earth Hour – Pemadaman Lampu

Saat lampu dimatikan selama sejam di hari Sabtu akhir bulan Maret, berarti pada hari itu sedang diperingati Earth Hour. Dengan peringatan ini, organisasi internasional pelindungan alam WWF bersama dengan penduduk dunia ingin memberikan teladan penggunaan energi terbarukan. Gerakan ini dilakukan juga di kota-kota di Jerman, bahkan lampu gereja Katedral Köln juga turut dimatikan.

2 April: Hari Buku Anak Internasional

Pippi Langstrumpf dan karya-karya kakak-bearadik Grimm adalah contoh cerita anak yang sangat digemari di Jerman. Biasanya cerita-cerita inilah yang paling sering dibaca pada peringatan Hari Buku Anak Internasional untuk memotivasi anak-anak agar gemar membaca. Di hari ini diadakan acara lomba tulis atau workshop menulis dan pembacaan cerita oleh para pengarang buku anak.

6 Mei: Hari Internasional anti Diet

Ide untuk memperingati hari ini datang dari Mary Evans Young. Ia melakukan kampanye “diet breakers“ atau kampanye anti diet untuk menentang obsesi masyarakat terhadap bentuk tubuh langsing. Ia sendiri punya masalah berat badan dan harus mengecilkan lambungnya. Pada peringatan ini, ada tema lain yang ingin dikedepankan yakni diskriminasi terhadap orang-orang obesitas.

21 Juni: Hari Tanpa Mobil

Tahun 1981, pada tanggal ini warga Kristen di wilayah bekas Jerman Timur untuk pertama kalinya tidak menggunakan mobil dalam aksi “Mobil ohne Auto” (bergerak tanpa mobil) . Tuntutannya adalah: warga dari berbagai lapisan sosial harus bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain secara ramah lingkungan. Aksi ini kemudian bergabung dengan tradisi hari Minggu bebas mobil di Jerman Barat.

30 Juli: Hari Persahabatan

Hari ini diserukan oleh Sekretaris Jendral PBB Ban Ki Moon tahun 2011. “Mari kita semua merawat persahabatan. Ini akan memperkuat rasa kebersamaan kita dan mempromosikan ide kekeluargaan yang nyaman dan menyenangkan,” kata Ban Ki-Moon. Hari ini diperingati tak hanya untuk menghormati persahabatan pribadi tapi juga persahabatan di bidang politik dan budaya.

1 Agustus: Hari Bir Internasional

Stout, Effes, Budweiser, Corona, Grolsch, Kölsch…. adalah jenis-jenis bir. Di dunia ada sekitar 12.000 jenis bir yang sebagian besar berasal dari Jerman (sekitar 5000 jenis). Hari bir internasional diadakan untuk memperingati kebersamaan kelompok antara para pembuat bir dan pelayan bar. Selain itu juga untuk mengenal jenis bir lain dari daerah dan negara lain.

19 September: Berbicaralah Seperti Bajak    Laut

“Arr” dan “Beim Klabautermann“ (kurcaci dan setan perahu) adalah ungkapan-ungkapan yang digunakan sehari penuh untuk menggantikan “Hallo“ dan “oh mein Gott“ (oh Tuhanku) saat peringatan hari bajak laut. Ide ini datang dari dua warga AS. Ini bukan hari peringatan resmi, tapi hari untuk menyebarkan sukacita. Di Jerman juga dilakukan pesta bajak laut.

5 Oktober: Hari Gelembung Sabun Dunia

Diperingatinya hari ini juga berkaitan dengan rasa senang. Aksi ini didirikan di Facebook dan punya tujuan untuk membuat dunia menjadi lebih berwarna. Di foto, Anda bisa melihat gambar gelebung yang sangat besar. Gelembung ini dibuat di Danzig, Polandia, saat peringatan Hari Gelembung Sabun Dunia. Aksi ini juga diadakan di negara-negara Eropa lainnya.

 

19 November: Hari Toilet Dunia

Sekitar 2,5 milyar warga dunia tak punya akses untuk menikmati sarana toilet. Aksi ini diluncurkan pada tahun 2001 dengan tujuan untuk menunjukkan betapa pentingnya sarana sanitasi untuk kesehatan dan kebersihan. Akan tetapi, banyak yang tak menyadari tujuan dari aksi ini. Sehingga banyak yang sengaja memposting foto-foto lucu toilet.