ARTIKELEVENTUncategorized

Apa itu Feststellungspruefung

Hallo zusammen!

Kemarin kita sudah membahas soal Studienkolleg dan Kurs-kurs yang ada di Studienkolleg. Sekarang, kita akan membahas soal ujian Feststellungspruefung.

Apa itu Feststellungspruefung atau yang biasa disingkat FSP?

FSP adalah tes akhir di penghujung masa studi kalian di Studienkolleg. Mungkin bisa dibilang seperti Ujian Nasional-nya para pelajar asing di Jerman. Karena, nilai FSP ini akan digabung dengan nilai UAS semester 1 dan semester 2 lalu dirata-ratakan. Nilai akhirnya disebut sebagai “Endnote”, yang mana Endnote ini akan kalian pakai untuk mendaftar (bewerben) di Universitas-universitas idaman kalian di Jerman.

Sebagian besar Universitas menerapkan yang namanya “Zulassungsbeschraenkt” atau “penerimaan terbatas” pada jurusan-jurusan yang mereka tawarkan. Artinya, kamu harus bersaing  dengan ratusan atau bahkan mungkin ribuan calon mahasiswa lainnya yang berminat mengambil jurusan itu di Universitas tersebut.

Sebagai perandaian, Humboldt Universitaet Berlin menerapkan Zulassungsbeschraenkt dengan Endnote 2,0 untuk jurusan Ilmu Politik. Artinya, jika Endnote Studienkolleg kamu lebih besar dari 2,0 (misalkan 2,4 atau 2,7) maka bisa dipastikan kamu tidak akan lolos seleksi dan mendapatkan bangku.

Jadi sudah terbayang dong, bagaimana pentingnya ujian FSP itu untuk mencapai mimpi kalian belajar di Universitas-universitas favorit di Jerman?

Makanya yuk belajar yang serius selama kalian di Studienkolleg agar kalian mendapatkan Endnote yang bagus dan bisa leluasa memilih belajar jurusan apa saja di Universitas mana saja.